6 Manfaat Tempe Bagi Kesehatan

Kesehatan
Manfaat tempe

Manfaat Tempe bagi Kesehatan

Siapa yang tidak tahu tempe? Tempe adalah salah satu spesialisasi Indonesia yang terkenal, salah satunya di Jepang.

Selain rasanya yang enak, tempe juga menjadi makanan favorit karena manfaatnya bagi kesehatan. Tempe juga memiliki harga yang terjangkau dan dapat dikonversi menjadi berbagai jenis menu selera.

Tempe umumnya terdiri dari kedelai, yang kemudian difermentasi. Tetapi ada juga berbagai jenis tempe, yang bahannya berasal dari varietas kacang lainnya.

Makanan ini mengandung banyak nutrisi yang diperlukan untuk tubuh. Apa bahan di tempe? Apa manfaat tempe, yang sering disebut sebagai makanan super?

Manfaat tempe

Lihatlah jawaban di bawah ini.

Konten tempe
Tempe mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dapat juga dikatakan bahwa kandungan nutrisi dalam tempe melebihi kandungan nutrisi dalam daging sapi. Kandungan protein dalam tempe lebih tinggi dari pada daging.

Di sisi lain, kandungan lemak sebenarnya jauh lebih rendah. Tempe juga mengandung kalsium dan fosfor, yang jauh lebih banyak daripada daging.

Beberapa bahan dalam Tempe bahkan tidak ditemukan dalam daging seperti karbohidrat, serat, riboflavin, niasin, asam pantotenat, piroksidin, dan biotin.

Kandungan zat besi, tiamin, vitamin B12 dan retinol dalam tempe, meski sedikit lebih tinggi dari daging. Selain itu, tempe juga mengandung antioksidan, yang disebut isoflavon, yang sangat baik untuk tubuh.

Manfaat Tempe
Tempe tidak hanya populer karena rasanya enak dan murah, tetapi juga karena kaya akan nutrisi. Kandungan berbagai nutrisi dalam tempe menunjukkan bahwa tempe memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan tempe yang bisa Anda rasakan:

1. sumber protein
Seperti disebutkan di atas, kandungan protein dalam tempe lebih tinggi dari pada daging. Karena itu, tempe sering digunakan sebagai sumber protein dan bukan sebagai sumber daging.

Banyak vegetarian atau vegan memilih tempe sebagai pengganti daging untuk memenuhi kebutuhan protein mereka.

Setiap 100 gram tempe mengandung sekitar 20 gram protein. Jumlah ini dapat memenuhi kebutuhan protein harian sebesar 34% untuk orang dewasa.

Fungsi protein itu sendiri, selain melestarikan jaringan otot, adalah untuk menghasilkan enzim proteolitik yang dapat memecah rantai protein sehingga mereka dapat diserap oleh tubuh.

2. Penangkal Radikal Antioksidan Gratis
Keunggulan kedua tempe adalah antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Paparan radikal bebas dalam tubuh kita dapat menyebabkan berbagai gangguan tubuh, termasuk kanker.

Kandungan isoflavon dan nutrisi lain dalam tempe menjadikan tempe sebagai antioksidan yang efektif untuk tubuh. Peran tempe sebagai antioksidan telah terbukti lebih efektif daripada kedelai yang dimasak normal.

3. Sumber kalsium
Manfaat tempe lain adalah sumber kalsium. Ketika kita berbicara tentang sumber kalsium, kita biasanya akan mengingat susu. Padahal, tempe juga bisa menjadi sumber kalsium yang tidak jauh berbeda dengan susu.

Setiap porsi 100 gram susu mengandung 125 mg kalsium, sedangkan setiap 100 gram tempe memiliki kandungan 155 mg kalsium. Jadi bisa dikatakan bahwa sangat mungkin tempe merupakan sumber kalsium yang tidak kalah dengan susu.

4. Menu diet
Keuntungan tempe selanjutnya adalah dapat digunakan sebagai menu diet. Salah satu menu diet terbaik adalah makanan protein yang kaya serat dan lemak. Kandungan protein dan serat dalam tempe membuat kartu diet sangat baik.

Tempe juga merupakan makanan yang mudah diserap oleh tubuh. Kandungan vitamin B kompleks di Tempe juga sangat baik untuk memuaskan asupan makanan selama diet.

5. Memenuhi kebutuhan vitamin B12
Manfaat kelima Tempe adalah memenuhi kebutuhan akan vitamin B12, terutama untuk vegan. Vitamin B12 memiliki banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari produksi sel darah merah hingga mendukung sintesis DNA, mengaktifkan asam folat, menjaga sistem saraf yang sehat, dan menjaga fungsi otak.

Secara umum, vitamin B12 terutama ditemukan dalam daging, ayam, ikan, dan susu. Karena Tempe adalah satu-satunya sumber vitamin B12 herbal, menggantikan sumber vitamin B12 lain yang tidak dikonsumsi oleh vegan adalah cara yang bagus untuk menggantinya.

6. Aman untuk diabetes
Karena itu manfaat Tempe aman bagi penderita diabetes. Memilih menu diabetes bukanlah tugas yang mudah. Setiap menu harus disesuaikan untuk mencegah kenaikan kadar gula darah.

Tempe, terutama yang berbasis kedelai, mengandung isoflavon dan serat yang dapat mengontrol stabilitas gula darah dan meningkatkan resistensi insulin.

 

Baca Juga :